Minggu, 17 Juni 2012

KEGIATAN DAN RUANG LINGKUP


Sampai saat ini, TBM Wacan sudah berjalan konsisten selama delapan bulan. Kegiatan harian kami adalah peminjaman buku. Namun, kami juga mempersiapkan kegiatan selain hanya meminjam buku, karena bagi kami, membaca tidak selalu harus melalui buku. Pembentukan karakter positif, menumbuhkan empati, peduli, saling menolong, juga merupakan bagian pendidikan ‘membaca’. Kami juga berharap, semangat kami bisa memberikan lingkungan perkembangan yang layak dan optimal bagi seluruh anak dan keluarga.
      
Selain peminjaman buku, kegiatan mingguan yang sudah dilakukan antara lain:

1.   Kelas kreatif musik angklung

Lagu yang sudah dikuasai tim angklung TBM Wacan yaitu Ibu Kartini, Balonku, Padang Wulan, Jaranan, Gundul Pacul, Terimakasihku
  





2.   Kelas kreatif ketrampilan barang bekas

Pemberian bekal ketrampilan dalambentuk pengolahan kembali barang bekas, pemisahan barang bekas anorganik untuk dikelola nantinya sebagai Bank Sampah. Ketrampilan dalam bentuk pembuatan asesoris bros dari botol plastik, pembatas buku dari kardus bekas, hiasan dinding dari biji-bijian.


 


3.   Kelas kreatif bahasa Mandarin
Saat ini, telah bergabung menjadi sukarelawan di TBM Wacan teman-teman dari Universitas Machung. Mereka memberikan bekal ketrampilan dalam bentuk pelatihan Bahasa Mandarin untuk adik-adik usia SD, ketrampilan, dan kelas memasak.

4.   Kelas Memasak

Kelas memasak dilakukan dalam kegiatan membuat kue sederhana yang mudah dilakukan anak-anak usia SD, dan masakan lauk yang jug sedehana dan sehat, seperti kue bola-bola coklat, roti bakar, tempe goreng, telur dadar, sayur bayam, sambal.



5.   Kelas kreatif drama
Kelas peran, dilatih oleh tim Tbm Wacan, dan dibantu oleh beberapa sahabat yang meluangkan waktu untuk memberi bekal tentang seni peran.
 
6.   Kelas kreatif puisi
Kelas puisi dalam bentuk seni membuat puisi dan membaca puisi.

7.   Kelas kreatif dolanan tradisional
Dolanan tradisional yang sudah pernah dimainkan adalah Gobak Sodor

8.   Kelas Kreatif Paduan Suara
Paduan suara dalam gerak dan lagu, menyanyikan lagu-lagu nasional dan daerah

9.   Kelas Kreatif bahasa Jepang
Kelas bahasa jepang, pernah diberikan dalam bentuk pembekalan percakapan sederhana seperti ucapan salam, memperkenalkan nama, dan menanyakan kabar, ucapan terimakasih.

10.        Kelas Origami
Seni melipat kertas yang berasal dari Jepang diberikan sebagai rangkaian belajar bahasa Jepang dalam percakapan sehari-hari. Antara lan membuat bentuuk bintang, pinguin, beruang, ikan, bunga, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar