Senin, 29 Oktober 2012

SUMMER CAMP 2012...!! YES WE ARE READY...!!!

Tanggal 4 sampai 6 Juli 2012. Sebuah acara gabungan TBM WACAN, RUMAH PINTAR SAHABAT AL ISLAM, dan KOMUNITAS SAHABAT ANAK, kami menyiapkan kemah liburan musim panas SUMMER CAMP 2012. Acara ini, didukung oleh KFC. Peserta yang ikut dari berbagai kalangan, siapapun boleh dan berhak mengikuti acara ini, mulai usia 8 tahun sampai 15 tahun.
TBM WACAN mempersiapkan satu tim yang akan mengikuti acara, dan bergabung dengan sekitar seratus anak-anak dari berbagai pelosok Malang. Luarbiasanya, tim dari TBM WACAN mempersiapkan diri sendiri, perbekalan, yel-yel, pentas seni... semua anak-anak siapkan sendiri. Saat hari terakhir sebelum acara, saya mengecek kesiapan mereka... saya kaget dan kagum. God Job, kids.
Jam yang ditentukan untuk berangkat menuju lokasi di Rumah Pintar Sahabat Al Islam, berbondong-bondong orangtua anak-anak mengantar, bahkan membantu kami mengumpulkan perbekalan. Kemah kali ini, peserta diharuskan membawa beras, bawang merah, bawang putih, telur, minyak goreng, gula, garam, jagung manis. Tentu saja dalam jumlah sedikit yang sudah ditentukan. Benar-benar seperti kemah beneran... Dibantu kendaraan dari pak RT kami, maka berangkatlah tim menuju lokasi sekitar tiga kilometer dari TBM WACAN.

Tiba di lokasi, kami disambut bersamaan datangnya peserta dari berbagi desa atau kecamatan lainnya. Bahkan ada peserta dari luar kota Malang. Suasana kemah benar-benar langsung terasa. Saya dan Mbak Indri yang saat itu mendampingi anak-anak.. rasanya pengen ikutan kemah... hehehehe apa daya, tidak mungkin mengajak balita-balita kami menginap disini.

 Maka... dimulailah SUMMER CAMP 2012.. dengan upacara bendera dan iringan lagu Indonesia Raya. Terharu rasanya... setelah sekian tahun saya tidak lagi mengikuti upacarfa bendera.. dan sekarang menyaksikan MERAH PUTIH naik perlahan dengan iringan lagu. Yang lebih membuat saya terkesan, peserta tidak lagi peduli lbaju apa dan bagaimana kondisi mereka. Ada yang pakai alas kaki, sepatu, bahkan ada yang tanpa alas kaki sama sekali. Semuanya bergabung, menyatu, saling menyapa, bertanya nama dan tempat asalnya... semuanya senyum. Sebagian kecil peserta ada yang membawa bantal atau benda-benda kesayangannya dari rumah, berharap akan bisa lebih nyaman saat berpisah dari orangtua. qiqiqiqi... lucu sekali melihat mereka.. juga menyaksikan banyak orangtua memberikan pesan-pesan sebelum meninggalkan putra-putri mereka di lokasi kemah. Mungkin agak berat, tapi yakin bahwa mereka bisa mandiri.

"SUMMER CAMP 2012...!!" seluruh peserta pun menyahut " YES...!! WE ARE READY....!!"

Malam pertama di perkemahan.Udara sangat dingin, karena memang ini puncak musim dingin di bulan Juli. Malam ini, semua peserta diajak melihat film motivasi, dan ilmu pengetahuan dan teknologi, sekaligus mempersiapkan pandangan mereka untuk acara outbond esok pagi, tentang teknologi dan sains. Malam mulai merayap... semua peserta tertidur lelap... di luar dingin, tapi di dalam tenda mereka cukup hangat, karena panitia menyiapkan tenda berlapis bagi mereka.


Pagi harinya, agenda outbond... banyak pos mengasyikkan hari ini. Semua peserta disiapkan dalam kelompok. Mereka juga meniapkan yel-yel kelompok dengan pendampingan panitia di tiap kelompoknya. Setelah sarapan bersama, outbond dimulai... Pos 1. Permainan Ular Tangga dan pengenalan jenis-jenis primata. Pos 2. Pos sarang semut dan rayap. Pos 3. bagian Aerodinamika, dengan percobaan alat bumerang... wow... asyiik.. peserta antusias. Pos 4. Laboratorium Ikan dan belut. Pos 5. Bagian musik angklung. Saya sendiri saja pengeeenn... maka jadilah saya ikutan outbond dengan membawa si kembar... 



Malam harinya, adalah acara api unggun dan pentas seni...  Setelah Sholat maghrib, semua peserta makan bersama di lapangan rumput... PAKET AYAM dari KFC.... hhhmmm RENYAH dan GURIH...
TBM Wacan mendapat kesempatan menampilan seni angklung... dan semua peserta terdiam terpesona dengan alunan lagu Gundul Pacul dan Twinkle Little Star. Malam itu, kami semua makan jagung bakar di tepi hangatnya api yang melambai... mengantarkan semua peserta tidur lelap.


Selesai....??? HO HO HO... Belum... masih ada kejutan lainnya esok pagi saat penutupan...

Pagi hari... upacara penutupan.. "DENGAN INI SUMMER CAMP 2012 DITUTUP"  peserta menyahut dengan keluh "HUUUUUUUUU......." . Saat itulah, kejutannya hadir... seorang tamu BULE dari RUSIA datang..... anak-anak pun bersorak..



Penutupan menjadi banjir hadiah... paket-paket mainan dalam tas dari KFC dibagikan kepada seluruh peserta tanpa kecuali. Bahkan peserta-peserta terbaik dalam kategori tertentu mendapat hadiah mainan tambahan....

SAMPAI JUMPA DI SUMMER CAMP TAHUN DEPAN....(nws)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar